Komunikasi Asertif

  Komunikasi Asertif

Hayy teman" pada blog kali ini kita akan membahas tentang apa sih komunikasi asertif itu???

     Mungkin kita sering mengalami kesulitan dalam megungkapkan perasaan serta pendapat kepada orang lain,Terutama didalam dunia pekerjaan,Nah dengan berkomunikasi asertif kita bisa menyelesaikan masalah tersebut.karena didalam dunia pekerjaan berkomunikasi dengan cara asertif sangatlah penting.

       Gaya Berkomunikasi juga sangat berpengaruh terhadap perilaku individu.Perilaku yang perlu ditumbuhkan dalam diri agar lebih asertif seperti tetap berpandangan positif dan baik dalam mengadapi suatu permasalahan,mengatakan kebenaran dalam mempertahankan tujuan walaupun muncul konflik tetapi selalu menjaga perasaan orang lain,memberi dan menerima umpan balik dalam hal hal postif maupun dalam hal negatif,serta tegas dalam menentukan pilihan tanpa memaksakan kehendak kepada orang lain.

    Apa Sih Asertif itu?

       Di dalam kamus besar bahasa Indonesia (KBBI) Yaitu; asertif=Tegas

Komunikasi asertif juga merupakan suatu bentuk komunikasi yang disampaikan kepada orang lain atau lawan bicara,menyampaikan perasaan kita dengan jujur apa adanya secara terbuka dengan tidak menyakiti perasaanya (lawan bicara) tetapi tetap menghargainya.Atau kemampuan untuk mengungkapkan pikiran, perasaan dan pendapat dengan cara yang membuat pandanganmu dipahami dengan jelas oleh orang lain, tanpa merendahkan pendapat mereka. 

          Bagaimana sih cara menerapkan komunikasi asertif di tempat kerja?

1. Ekspresikan diri sendiri dengan cara yang positif

2. Menghargai diri sendiri

3. Ungkapkan kebutuhan dan keinginan kamu

4. Terbuka terhadap kritik dan saran

5. Belajar mengatakan tidak

  Salah satu contoh penerapan komunikasi asertif di tempat kerja adalah ketika kamu diberikan beban pekerjaan tambahan di luar pekerjaan utamamu. Pekerjaan ini sebenarnya baik untuk pengalamanmu karena bisa menambah daftar skill dalam portofolio.

  Oleh karena itu, kamu mencoba melakukan komunikasi asertif kepada atasanmu dengan mengatakan:“Saya ingin memprioritaskan pekerjaan tambahan ini, akan tetapi saya khawatir jika saya menerimanya maka semua pekerjaan utama saya akan terganggu. Saya ingin menunjukkan kepadamu apa yang bisa saya lakukan dengan pekerjaan ini. Akan tetapi, lebih dari itu saya ingin memberikan yang terbaik dari pekerjaan utama saya.”


    Nah itulah penjelasan tentang komunikasi asertif, terimakasih kepada teman teman yang telah membaca🙌

 

 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

BELAJAR FLUTTER .Conditional Expression

Konsep Diriku